KONAWE SELATAN (SULTRAAKTUAL.ID) – Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Konawe Selatan secara resmi diluncurkan oleh Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Komjen Pol (P) Dr (H.C) Andap Budhi Revianto S.I.K M.H, Senin (23/12/2024).
Peresmian MPP Kabupaten Konawe Selatan sekaligus bersamaan dengan launching Kantor Inspektorat dan Kantor Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan oleh Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dikesempatan itu Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Komjen Pol (P) Dr (H.C) Andap Budhi Revianto S.I.K M.H didampingi Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga ST MM mengapresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah atas launching MPP Konsel.
Andap mengatakan semoga dengan MPP ini dapat memberikan layanan publik yang maksimal kepada masyarakat.

“Fasilitas pelayanan ini milik rakyat dan mari kita jaga sebaik-baiknya. Kami mengapresiasi pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Surunuddin Dangga atas dedikasinya memberikan inovasi pelayanan publik kepada masyarakat,” sambut Andap.
Mantan Kapolda Sultra ini berharap seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan dapat melayani masyarakat lebih baik dari waktu ke waktu.
“Ada 186 layanan publik dalam MPP Konawe Selatan, saya berharap layanan ini dapat menggunakan konsep layanan publik mulai dari lahir sampai pada layanan kematian dan urusan-urusan publik lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga ST MM dalam sambutannya menuturkan MPP yang diresmikan merupakan upaya bersama dalam memberikan pelayanan publik yang lebih baik, mudah, cepat dan terintegrasi.
“MPP ini menjadi wujud komitmen kami dalam meningkatkan kualitas layanan publik kepada masyarakat Konawe Selatan,” sambut Surunuddin.
Surunuddin mengatakan tujuan MPP ini untuk memberikan layanan terpadu kepada masyarakat dengan menyatukan layanan publik dalam satu lokasi dengan berbagai instansi.
“Mulai dari instansi pemerintah, BUMN, BUMD, dan instansi swasta,” sebut Bupati 2 periode ini.
Secara spesifik, lanjut Surunuddin, MPP ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, percepatan reformasi birokrasi, efisiensi dan integrasi pelayanan, meningkatkan aksebilitas, mendukung transformasi digital, kolaborasi antar instansi, serta mendorong partisipasi masyarakat dalam menyampaikan masukan dan saran perbaikan layanan publik secara terbuka dan konstruktif.
Surunuddin menyebut terdapat 186 jenis layanan masyarakat yang dapat diakses dalam MPP.
Layanan tersebut kata dia, terdiri dari 14 layanan instansi pemerintah daerah dan 18 layanan instansi lainnya.
“OPD provinsi meliputi BP UPTB Samsat Wilayah Konsel. BUMD Provinsi seperti Bank Sultra. Kementerian dan Lembaga seperti Polres, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kendari, Pertanahan, Kemenag, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, BPOM Sultra, dan Kantor Imigrasi Kelas I Provinsi Sultra,” rincinya.
Surunuddin menambahkan untuk BUMN meliputi PT Taspen, PT PLN, PT Pos Indonesia, PT Telkom dan Bank BRI.
“Kesemuanya itu layanannya dapat diakses oleh masyarakat melalui MPP Konawe Selatan,” tambahnya.
Untuk diketahui peresmian MPP juga dihadiri pejabat pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Konsel, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Konsel, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Konsel, dan pejabat lingkup pemerintah daerah.